Cara Cepat Artikel Terindex Google Dalam 5 Menit

Cara Cepat Artikel Terindex Google Dalam 5 Menit
Index Artikel Dalam 5 Menit
Tujuan artikel ini kami buat agar para pembaca dapat memahami cara kerja mesin pencari google untuk melakukan crawl pada setiap artikel yang baru anda buat pada blog anda dan juga agar artikel yang dibuat lebih cepat diindex oleh mesin pencari google, sesuai dengan judul yang kami buat pada postingan kali ini yaitu tentang "Cara Cepat Artikel Terindex Google Dalam 5 Menit".

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas topik yang sama, bisa anda cek artikel kami sebelumnya tentang "Cara Mempercepat Index Artikel Blog Di Google". Tapi pada artikel tersebut kami tidak memberikan contoh secara langsung menggunakan blog kami jadi sebagian mungkin merasa artikel tersebut tidak sebetulnya benar atau bisa dibilang hoax atau cara tersebut sudah usang dan tidak dapat digunakan lagi.

Memang pada artikel tersebut kami tidak membahas secara rinci dan memberikan contoh nyata tapi cara tersebut sebetulnya bisa berhasil.

Settings Blog Agar Artikel Cepat Terindex 

Agar artikel kita cepat terindex oleh mesin pencari google, salah satu pengaruh pada blog kita ialah tampilan pada blog yang kita buat agar bisa responsive dan juga settingan meta tag yang ada pada blog kita harus SEO friendly tidak cuma itu, kecepatan yang diperlukan untuk blog kita harus diatas 80%.

Jadi agar artikel anda cepat terindex oleh mesin pencari google, anda harus mempunyai settingan blog seperti berikut:

  • Tampilan Blog Responsive
  • Kecepatan Situs minimal 80%
  • Settingan Meta Tag Yang SEO Friendly.

Template Responsive

Jadi untuk tahap pertama silahkan gunakan template yang responsive agar proses index artikel akan lebih cepat. Anda bisa menggunakan template berbayar ataupun gratis yang tersedia banyak di internet.


Setelah memilih template responsive untuk blog kita, ada baiknya melakukan pengecekan kecepatan situs untuk template yang ada pada blog kita tersebut. Ada banyak tools gratis yang tersedia di internet untuk mengecek kecepatan situs kita, yang paling populer ialah page speed test milik google dan juga gtmetrix.

Page Speed Test

Untuk mengecek kecepatan untuk mengakses blog anda bisa menggunakan tools gratis yang tersedia di internet. Berikut tools yang dapat anda gunakan untuk mengecek kecepatan situs anda.

  1. GTMetrix
  2. PageSpeed Insights
Mungkin 2 situs tersebut dapat anda gunakan untuk mengetahui kecepatan situs anda. Dapat anda lihat kecepatan situs kami menggunakan 2 tools tersebut.

Kecepatan situs menggunakan GTmetrix
GTmetrix Indonesia Publisher
Bisa anda lihat untuk kecepatan situs kami pada score 80% menggunakan tools dari GTmetrix, Sedangkan jika menggunakan tools dari PageSpeed Insights kami mendapatkan skor 100%

kecepatan situs menggunakan pagespeed insights
PageSpeed Insights Indonesia Publisher


Terus bagaimana cara meningkatkan kecepatan situs untuk blogger? Untuk pertanyaan tersebut akan kami bahas pada artikel selanjutnya. karena artikel ini kami fokuskan bagaimana artikel anda cepat terindex oleh google.

Meta Tag SEO Friendly

Setelah blog anda mempunyai kecepatan minimal 80% maka tahap selanjutnya penggunaan meta tag yang SEO friendly. untuk settingan meta tag silahkan gunakan meta tag yang SEO Fridendly yang tersebar di internet. Jika anda menginginkan meta tag yang ada pada blog kami mungkin akan kami bahas pada artikel selanjutnya. atau bisa juga melihat source code kami pada bagian head.

Setelah 3 settingan diatas tadi sudah ada dalam blog anda maka tahap selanjutnya ialah pembuatan artikel.

Penguasaan Materi Artikel

Hal yang pertama yang perlu anda ketahui agar artikel anda cepat terindex google ialah, penguasaan materi yang akan anda jadikan artikel pada blog anda.

Riset Keywords

Setelah anda menguasai materi untuk artikel anda silahkan cari kata kunci sesuai materi yang akan anda buat menjadi materi. tools yang dapat anda gunakan untuk mencari kata kunci bisa menggunakan Tools Ubersuggest.

Setelah anda mendapatkan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan artikel yang akan anda buat silahkan kembangkan kata kunci tersebut untuk mencari pesaing yang menggunakan kata kunci tersebut.

Misalnya anda menggunakan kata kunci "Cara Cepat Artikel Terindex Google" silahkan cari pesaing yang telah membahas artikel tersebut. Untuk cara mengetahui jumlah pesaing yang menggunakan kata kunci tersebut, silahkan buka mesin pencari google dan ketikan

allintitle:Cara Cepat Artikel Terindex Google

Jika jumlah pesaing anda lebih dari 100, silahkan kembangkan kata kunci tersebut agar pesaingnya sedikit. Contoh pada gambar dibawah ini.

allintitle cara cepat artikel terindex google dalam 5 menit
Penggunaan Allintitle
Pada gambar tersebut kata kunci yang kami gunakan untuk membuat artikel ini tidak terdapat pesaingnya, jadi kemungkinan pada kata kunci tersebut akan membuat artikel yang kami buat akan berada pada halaman pertama google. Teknik ini biasanya disebut dengan Teknik SEO Long Tail Keywords.

Jika kata kunci sudah anda dapatkan silahkan gunakan kata kunci tersebut sebagai judul artikel anda.

Proses Pembuatan Artikel

Seperti yang kami jelaskan pada artikel sebelumnya, untuk membuat artikel usahakan harus ditulis sendiri atau artikel atau unique articles. Minimal dalam menulis sebuah artikel harus panjang 700 kata atau lebih. Jika artikel yang anda tulis lebih dari 700 kata maka hal itu tentunya sangat bagus.

Proses Optimasi Gambar Artikel

Banyak juga yang bertanya kepada kami tentang minimal gambar yang ada dalam sebuah artikel? sebetulnya 1 gambar saja sudah cukup untuk mempercepat index artikel anda pada mesin pencari google, asalkan gambar yang anda gunakan tidak langsung anda download dari internet dan di masukan dalam artikel. Hal ini tentunya akan membuat artikel anda tidak akan masuk dalam page one hanya karena gambar yang anda masukan sudah duplikat.

Contohnya saja silahkan anda buka halaman Google Images dan masukan salah satu kata kunci yang anda cari. Misalnya kami mencari gambar tentang keyword "index artikel" seperti pada gambar dibawah berikut ini.

Google images tentang index artikel
Google Images

Dapat anda lihat pada setiap gambar yang ditampilkan berbeda-beda. Jadi jika anda mengambil gambar dari internet dengan keyword yang anda gunakan dan langsung anda pasang dalam artikel anda tentunya artikel yang terkait dengan gambar yang sudah ada tidak akan ditampilkan pada halaman pertama google (Page One Google).

Cara kami mengambil gambar melalui google yakni tidak langsung mendownload. Kami hanya membuka gambar yang akan kami ambil dan kami menggunakan tools yang sudah ada dalam windows yaitu "Snipping Tools" untuk mengambil gambar tersebut. Setelah itu kami edit untuk menambahkan text seperti link blog kami "Indonesia Publisher" menggunakan tools yang ada di internet.

Berikut tools yang kami sering gunakan untuk menambahkan text pada gambar yang kami ambil menggunakan snipping tools.

  1. https://picfont.com/
  2. https://addtext.com/
Setelah Gambar yang ada pada artikel anda telah dibuat, silahkan cek ukuran gambar anda, maksimal ukuran gambar yang akan kami gunakan pada artikel kami berukuran 75kb. Jika ukuran gambar yang anda gunakan lebih dari 75kb silahkan gunakan tools gratis yang ada di internet untuk mengubah ukuran gambar anda agar ukurannya menjadi lebih kecil.

Pemilihan Kategori Artikel

Setelah artikel yang anda buat sudah 700 kata dan gambar yang anda gunakan sudah tersedia silahkan pilih kategori untuk artikel anda sesuai dengan pembahasan artikel tersebut.

Jika semua sudah anda buat, silahkan publish artikel anda.

Proses Submit Webmaster Untuk Index Artikel

Apakah setelah artikel di publish sudah bisa terindex oleh google? Jika artikel anda baru anda buat tentunya memerlukan waktu agar artikel anda terindex oleh google. cara tercepat agar artikel anda langsung terindex oleh mesin pencari silahkan buka Webmaster tools yang disediakan oleh google.

Silahkan masukan URL anda pada kotak pencarian tersebut. Contohnya pada gambar dibawah ini

inspeksi URL pada webmaster google
Google Webmaster
Hal ini dilakukan untuk meminta google agar melakukan index pada artikel tersebut. Jika hal ini sudah anda lakukan dapat anda cari pada mesin pencari google menggunakan teknik tadi yang sudah dijelaskan. Silahkan gunakan allintitle:kata kunci yang anda gunakan. Jika pencarian tersebut terdapat artikel anda maka sudah dipastikan artikel anda sudah terindex oleh mesin pencari google.

Contoh sebelum kami menulis artikel ini kami telah membuat artikel tentang "Cara Membaca Statistik Pada Dashboard Adsense" dan setelah artikel tersebut kami publish setalah kami cari menggunakan google chrome dalam mode incognito, kami melakukan pencarian menggunakan kata kunci tersebut dan hasilnya berada pada halaman pertama google dengan urutan ke 3.

Google Search Cara membaca statistik adsense
Google Search

Dapat anda lihat artikel kami sebelumnya sudah berada pada halaman pertama hanya dalam waktu 4 menit dengan jumlah saingan yang ada sebanyak 47.800 teknik yang kami gunakan tentunya akan berhasil jika anda paham dengan apa yang telah kami jelaskan diatas.

Update

Seteleah kami membuat artikel ini, beberapa saat mesin pencari google sudah melakukan index pada artikel ini. Tapi SERP yang kami dapat hanya pada posisi ke 3. Tapi setelah 3 hari berlalu artikel kami langsung berada pada halaman pertama google page one pada posisi ke 3.

Cara Cepat Artikel Terindex Google Dalam 5 Menit
Cara Cepat Artikel Terindex Google Dalam 5 Menit
Memang untuk masuk page one di mesin pencari google membutuhkan waktu dan trik yang kami bagikan tentunya akan berhasil, bukan hanya index artikel akan tetapi bisa masuk ke halaman pertama google.

Bisa anda lihat pada gambar diatas tersebut untuk kata kunci yang dimasukan memiliki jumlah pesaing yang cukup banyak, yakni sekitar 44.000 pesaing. akan tetapi kami hanya butuh waktu 3 hari untuk masuk ke halaman pertama google dan waktu yang kami perlukan untuk index artikel paling lama hanya 5 menit saja.

Mungkin sampai disini dulu artikel kali ini, jika bermanfaat jangan lupa share, atau jika anda mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

Posting Komentar

0 Komentar